Hikmah Kisah Nabi Yusuf A.S

Bukankah kalau diikuti pelajaran Yusuf dalam Surat Yusuf itu menyakitkan ?

Diiriin saudara itu enggak enak. Sudah begitu ditipu oleh saudaranya. Diajak main ternyata dibuang ke sumur. Alhamdulillah untungnya ada pedagang yang lewat, kemudian diambil. Alhamdulillah ada harapan baik, diselamatkan orang, kalau tidak bisa mati di dalam sumur. Sesudah diselamatkan, ternyata malah dijual menjadi budak.

Subhanallah. Dari masalah muncul masalah berikutnya, masalah datang masalah pergi.

Begitu sudah menjadi budak, dibeli oleh orang istana. Orang kaya raya, orang terhormat di Mesir. Alhamdulillah nyaman. Dijadikan anak. Nyaman bukan ? Ternyata malah terkena fitnah di istana dan masuk penjara.

Subhanallah.

Semuanya pahit hidup Yusuf dari depan semua pahit. Tapi kalau tidak ada yang pahit, Yusuf tidak sampai ke Mesir, betul ? padahal kebesaran Yusuf di Mesir.

Ambillah ini sebagai pelajaran mahal hari ini.

Orang kalau hidupnya susah, dari masalah ke masalah, datang masalah belum selesai muncul masalah berikutnya, harapan sedikit muncul masalah berikutnya, kenapa kita tidak mencoba memahami kisah Yusuf, menurut Atha bin Abi Rabah Rahimullah, kalau ada membaca kisah Yusuf ketika sedih, anda Bahagia.

Ambil itu pelajarannya. Anggaplah semua kesulitan ini, semua masalah kita ini, harga yang harus kita bayar, untuk kebesaran yang kita tidak tahu dimana kebesaran itu nantinya.

Jadi hilang sedihnya kan ?

Tidak apa-apa ya Allah, aku tahu dibalik ini ada kebesaran. Kalau memang ini harganya, kalau memang ini bayarannya, aku bayar ya Allah.  

#30DWC
#30DWCJilid34
#Day13

sumber :

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started